Header Ads

20 Istilah Diving yang Kamu Harus Ketahui

20 Istilah Diving yang Kamu Harus Ketahui

20 Istilah Diving yang Kamu Harus Ketahui
Diving atau menyelam merupakan salah satu aktivitas yang terasa begitu menyenangkan. Pasalnya, melalui kegiatan tersebut, kita dapat melihat hewan-hewan bawah laut, misalnya ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, hiu, penyu, belut laut, dan biota laut lainnya.

Mungkin di antara kalian ada yang sudah sering melakukan diving. Bahkan, kamu juga sudah pernah merasakan bagaimana berenang bersama ikan besar atau menyaksikan terumbu karang yang indah ketika diving. Namun, bisa jadi ada beberapa istilah diving yang belum kamu ketahui. Nah, untuk melengkapi pengetahuan kamu tentang diving, baca artikel 20 istilah diving yang kamu harus ketahui yuk travellers!

1. Skin Diving atau Free Diving
Diving yang dilakukan cuma dengan memakai peralatan menyelam dasar, seperti snorkel, masker, dan fins. Kita tidak menggunakan tabung oksigen untuk membantu pernafasan dalam melakukan diving macam ini.

2. Scuba Diving
Diving dengan peralatan selam lengkap dan profesional yang disebut dengan SCUBA (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus).

3. Nitrox Diving
Penyelaman ini juga memakai peralatan selam lengkap sama seperti halnya scuba diving. Namun bedanya, kadar campuran oksigen dan nitrogen dalam tabung lebih banyak sehingga kamu dapat menyelam dengan waktu yang lebih panjang.

4. Wet Suit
Pakaian yang digunakan untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang mempunyai rongga-rongga udara. Fungsi dari baju ini adalah untuk melindungi tubuh dari goresan-goresan dan menjaga suhu tubuh agar tidak drop selama kamu menyelam.

5. Snorkel
Alat bantu nafas yang berbentuk pipa yang dipakai untuk mengambil nafas tanpa mengangkat kepala keluar dari air.

6. Fins
Alat ini biasa disebut dengan kaki katak. Fungsinya adalah untuk membantu memudahkan pergerakan kamu selama berada di dalam air.

7. BCD (Bouyancy Compensator Device)
Rompi yang digunakan untuk menyelam yang di dalamnya terdapat air cell. Fungsinya adalah untuk membantu mengatur daya apung selama kamu menyelam.

8. Regulator
Alat untuk mengubah tekanan udara tinggi pada tabung udara menjadi tekanan udara yang lebih rendah sesuai dengan kebutuhan kamu.

9. Depth Gauge
Alat pengukur kedalaman ketika kamu sedang menyelam.

10. Pressure Gauge
Alat pengukur tekanan udara di dalam tabung.

11. Tank Valve
Alat yang terpasang di mulut tabung udara yang berfungsi seperti pembuka dan penutup aliran udara dari dalam tabung.

12. Weight Belt
Sabuk pemberat yang dipakai untuk mengatur daya apung sehingga kamu dapat menyelam ke bawah.

13. Dive Computer
Alat bantu untuk perencanaan dan memonitor penyelaman kamu. Alat ini biasanya digunakan di pergelangan tangan lantaran bentuknya yang mirip dengan jam tangan.

14. Alternate Air Souce
Sumber udara cadangan yang biasanya berwarna kuning dan terpasang di rompi menyelam yang kamu gunakan untuk berjaga-jaga.

15. Standing Front Entry
Teknik masuk ke dalam air dengan berdiri dan melangkah dari pinggiran kapal. Posisi badan adalah agak dicondongkan ke depan. Pertama-tama kamu mesti melangkah yang lebar dan melompat ke air. Lalu, ketika telah menyentuh air, kaki harus dirapatkan kembali agar posisi kamu tetap ada di permukaan.

16. Sitting Front Entry
Teknik masuk ke dalam air dengan cara duduk di pinggiran kapal, menghadap air, kemudian lompat ke dalam air.

17. Rear Roll Method
Teknik masuk ke dalam air dengan tubuh menghadap ke dalam kapal sembari sedikit menunduk dan memegang masker serta mouthpiece, kemudian berguling ke belakang. Biasanya, teknik ini digunakan ketika kamu mengunjungi spot menyelam dengan perahu kecil atau perahu karet untuk menjaga keseimbangan perahu.

18. Side Roll Method
Teknik untuk masuk ke dalam air dengan cara duduk sejajar di pinggir kapal, kemudian berguling ke arah samping. Biasanya, cara ini digunakan ketika akan menyelam di kapal yang tengah melaju.

19. Mask Clearing
Teknik mengeluarkan air yang biasanya masuk ke dalam masker dengan cara menghembuskan udara dari hidung ke dalam masker sembari memegang bagian atas masker. Dengan demikian, air akan keluar dari bagian bawah masker yang kamu gunakan.

20. Buddy Diver
Teman diving. Menyelam merupakan aktivitas yang memiliki risiko begitu tinggi. Oleh karena itu, diving selalu disarankan dilakukan bersama buddy diver.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui 20 istilah yang digunakan ketika diving sebagai bahan pengenalan. Kamu mesti mengambil kursus menyelam untuk praktiknya dan untuk memelajari bagaimana teknik-teknik menyelam yang benar. Sesudah itu, kamu baru diizinkan untuk melakukan diving lantaran sudah memperoleh sertifikat. Untuk itu, pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah, dan hotel murah untuk liburanmu ke spot menyelam impianmu, yuk!

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh kickers. Diberdayakan oleh Blogger.