Header Ads

Tiga Gili di Lombok Barat

Tiga Gili di Lombok Barat

Gili Nanggu
Sumber gambar: gilinanggu.com

Ada rangkaian pulau kecil yang memukau dan belum banyak diketahui turis di Pantai Sekotong kawasan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (NTB). Pulau-pulau yang dalam bahasa Lombok-nya "Gili" ini mempunyai pantai berpasir putih dan taman bawah laut yang indah. Pulau-pulau tersebut adalah Gili Nanggu, Gili Tangkong, dan Gili Kedis.

Dibandingkan dengan tiga gili di utara Lombok (Trawangan, Meno, dan Air), suasana di gili-gili Lombok Barat ini jauh lebih sepi sehingga dijadikan destinasi pilihan bagi banyak wisatawan yang ingin berbulan madu.

Gili Nanggu Lombok

Gili Nanggu terletak 50 km dari kota Mataram, melewati jalan darat sekitar 30 menit ke arah Lembar (penyebrangan Bali). Untuk sampai ke Gili Nanggu, kita perlu menyewa perahu melalui desa Tawun, Kecamatan Sekotong. Harga sewa kapalnya Rp 250.000 (PP) dengan muatan 8 orang. Sedangkan jika kapalnya dipakai untuk island hopping Anda harus menambah Rp 100.000 lagi.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari desa Tawun menuju Gili Nanggu. Anda dapat menikmati pemandangan laut biru bening yang indah khas Lombok selama dalam perjalanan.

Tiba di Gili Nanggu, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih dan air laut yang bening sehingga membuat Anda tidak tahan unutk menceburkan diri ke laut.

Udara di Gili Nanggu sungguh bersih dan asri karena tidak ada kendaraan bermotor. Sepeda pun tidak ada di sana. Selain itu, tidak ada pedagang yang mengganggu. Suasana alami di Gili Nanggu sangat terjaga.

Kegiatan yang dapat lakukan di Gili Nanggu adalah menyisir pantai dan snorkeling di laut lepas. Di sini juga terdapat cottage-cottage penginapan dengan tarif antara Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per malam yang dapat diisi sekitar 6 orang.

Gili Tangkong Lombok

Gili Tangkong mempunyai luas sekitar 28 hektar. Meskipun tidak terlalu luas, namun dengan potensi wisata yang dimilikinya, Gili Tangkong senantiasa menebarkan pesonanya kepada siapapun.

Gili Tangkong mempunyai panorama yang eksotis. Daya tarik utama untuk mengunjungi gili ini adalah pantai pasir putihnya, langit birunya dan aneka biota laut di sekitarnya.

Gili Kedis Lombok

Nama Kedis diambil dari bahasa Sasak Lombok yang berarti burung kecil atau burung pipit. Hal ini sesuai dengan bentuk pulaunya yang mungil. Pulau kecil ini disebut pulau romantis dan menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk menikmati sunset Lombok.

Letak Gili Kedis ini tidak jauh dari Gili Nanggu di Lombok Barat. Untuk menuju ke  pulau ini dibutuhkan waktu sekitar setengah jam dari Pelabuhan Lembar, Lombok.

Mata kita akan benar-benar dimanjakan oleh perpaduan warna air yang sangat jernih seperti kristal. Selain itu, adanya bebatuan besar yang terletak di dekat pulau ini juga menambah keunikan dan keindahan Gili Kedis.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh kickers. Diberdayakan oleh Blogger.