Kumpulan Istilah Perhotelan Lengkap
Nah, supaya tidak merasa bingung, ada baiknya kamu mengetahui kumpulan istilah perhotelan lengkap berikut ini.
- Bell boy: seseorang yang bertugas untuk membantu tamu hotel, mulai dari mengangkat tas koper, membersihkan kamar, membelikan sesuatu, hingga tugas-tugas lainnya yang bersifat melayani tamu.
- Suite room: kamar yang berharga mahal dan terbaik di hotel.
- Single bed: kamar yang berisi 2 kasur berukuran kecil. Biasanya disebut twin sharing.
- Double bed: kamar yang berisi 1 kasur berukuran besar dan sering disebut king size room.
- Pool side: kamar yang berada tepat di samping kolam renang.
- Breakfast: sarapan.
- Buffet: penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan.
- A la carte: penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan.
- Cocktail: minuman dengan alk0h*l.
- Mocktail: minuman tanpa alk*h0l.
- Booking atau reserve: memesan kamar.
- Blocking room: kamar yang diblok untuk suatu kebutuhan.
- Check in: saat datang dan mengambil kunci pertama kali datang.
- Check out: saat keluar dan membayar tagihan kamar hotel.
- Check out time: batas waktu check out.
- Late check out: waktu kelonggaran yang diberikan pengelola hotel sesudah melewati batas check out.
- Room rate atau rate: harga atau biaya sewa kamar.
- Contract Rate: harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdasarkan term and condition.
- Agent rate: harga kamar yang dikhususkan untuk travel agent.
- Lobby: ruang utama hotel.
- Fully booked: ketersediaan kamar yang telah habis.
- Deluxe room: kamar kondisi standar.
- Superior room: kamar dengan kondisi di atas standar, tapi di bawah suite.
- Bar atau lounge: tempat bersantai berbentuk resto dengan musik.
- Minibar: fasilitas hotel yang ada di dalam kamar yang disewa, yang berupa kulkas kecil dengan isi lengkap di dalamnya. Kebanyakan hotel menerapkan charge tersendiri dan dibedakan dengan biaya kamar.
- Bill: tagihan biaya hotel.
- Concierge: bagian pelayanan tamu hotel. Bell boy ada dalam struktur team concierge. Divisi ini biasanya tersedia di hotel mewah.
- Pick up service: layanan penjemputan maupun pengantaran. Biasanya dari bandara ke hotel dan sebaliknya. Layanan ini dapat saja memakai armada operasional milik hotel atau ada juga yang bekerjasama dengan rental mobil.
- Compensation: pelayanan ekstra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut.
- Vacuum: membersihkan kotoran yang berada di kamar atau kolam renang.
Gampang banget 'kan memahami istilah-istilah perhotelan tersebut? Ayo, jangan lupa untuk mencari hotel murah di pegipegi.com supaya bujet traveling kamu menjadi lebih murah. Jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murahnya juga, ya!
Tidak ada komentar