Header Ads

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko
Candi Ratu Boko berlokasi di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan yang dibangun sekira abad ke-8 ini pada masa lalu merupakan sebuah istana raja pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkarana) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu).

Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan yang terdiri dari gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan pagar pelindung.

Pengunjung bisa memasuki gapura utama yang megah setelah melalui susunan anak tangga yang menjadi jalan masuk menuju situs ini. Setelah melewati gerbang ini, ada dua gapura tinggi. Gapura pertama mempunyai dua pintu. Sementara gapura yang ada di belakangnya mempunyai tiga pintu.

Setelah itu, terdapat aneka bentuk susunan batu kuno di depan samping kiri dan kanan sejauh mata memandang. Di sebelah utara gapura ada susunan batu berbentuk persegi yang dibangun sekira tiga meter dari atas tanah. Candi ini dikenal sebagai Candi Pembakaran. Terdapat lubang sedalam dua meter pada bagian tengahnya. Kemudian beralih ke arah timur sedikit, terdapat stupa Budha.

Ada juga Komplek Kolam Pemandian di sebelah timur pendopo yang dikelilingi oleh pagar empat persegi panjang. Komplek ini terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama terdiri dari tiga buah kolam berbentuk persegi empat. Dua di antaranya memanjang dari utara hingga selatan. Keduanya dipisahkan oleh sebuah gerbang. Sementara kelompok ke-dua terdiri dari dari delapan kolam bundar yang dibagi dalam tiga baris.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh kickers. Diberdayakan oleh Blogger.