Header Ads

Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut di Teluk Manado

Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut di Teluk Manado

Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut di Teluk Manado
Sumber gambar: lokasiwisata.info

Salah satu tempat menarik yang tidak sedikit disambangi oleh wisatawan di Kawasan Timur Indonesia adalah Manado, Sulawesi Utara. Panorama yang indah dari kota ini sudah tidak asing lagi di kalangan pelancong, baik domestik maupun mancarnegara.

Bukan hanya menikmati keindahan kota (city tour), para wisatawan yang hadir ke kota ini juga dapat mencoba petualangan ke Taman Laut Bunaken. Tempat ini merupakan obyek wisata yang paling terkenal di Manado. Air laut di lokasi ini berwarna kehijauan yang tentunya akan meninggalkan kesan begitu mendalam bagi setiap wisatawan.

Taman Laut Bunaken merupakan surga bawah laut yang sangat memikat dan memesona. Keindahan terumbu karang yang berada di kawasan ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Terdapat 2.000 jenis ikan dan aneka biota laut yang menjadikan terumbu karang ini sebagai tempat hidupnya.

Para wisatawan bisa menyaksikan kehidupan bawah laut yang begitu menakjubkan dan penuh warna-warni di taman laut ini. Anda akan menemukan beragam spesies ikan seperti wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan lain sebagainya ketika menyelam di taman laut ini.

Taman Laut Bunaken memiliki karakter unik berupa kedalaman lautnya yang mencapai sampai 1.000 m. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 - 50 meter.

Ikan-ikan besar seperti ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, sampai paus bisa dijumpai bila kita menyelam lebih dalam lagi. Selain itu, spesies ikan yang termasuk langka dan nyaris punah, seperti dugong, kura-kura, dan ikan raja laut (coelacanth) dapat pula ditemukan di perairan dalam taman laut yang satu ini.

Pesona keindahan bawah laut Bunaken dapat dinikmati dengan kegiatan berupa snorkeling atau diving. Lokasi ini merupakan tempat terbaik bagi pencinta scuba diving. Ada sekira 20 titik penyelaman yang tersebar di kawasan ini. Para penyelam akan berkesempatan untuk berenang di dasar laut dengan aneka biota laut yang sungguh menakjubkan.

Nah, bagi yang tidak berani untuk melakukan snorkeling atau diving, Anda masih dapat menikmati keindahan taman laut Bunaken dari atas kapal. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken dengan menumpang Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Lantai kapal ini terbuat dari kaca bening sehingga penumpang dapat menikmati ekosistem bawah laut dari atas kapal.
Gambar tema oleh kickers. Diberdayakan oleh Blogger.